Selasa, 02 Juni 2020

Bahasa Indonesia - Diskusi 3

Ragam menyimak dari beberapa kegiatan.

Mendengar ceramah agama; dari situasinya temasuk ke dalam menyimak noninteraktif, kecuali disertai dengan sesi tanya jawab maka termasuk menyimak interaktif. Kemudian dari sisi intensitasnya termasuk menyimak intensif konsentratif karena dalam prosesnya terjadi usaha untuk memahami butir-butir informasi yang disampaikan.

Menonton televisi sambil menyetrika; dari situasinya temasuk ke dalam menyimak noninteraktif. Lalu dari sisi intensitasnya ini termasuk menyimak ektensif sekunder karena menyimak dilakukan bersamaan dengan aktivitas lain.

Mendengar guru berbicara di depan kelas; dari situasinya temasuk ke dalam menyimak noninteraktif, kecuali disertai dengan sesi tanya jawab maka termasuk menyimak interaktif. Serupa dengan mendengarkan ceramah agama, intensitasnya termasuk menyimak intensif konsentratif karena dalam prosesnya terjadi usaha untuk memahami butir-butir informasi yang disampaikan.

Mendengar radio; dari situasinya temasuk ke dalam menyimak noninteraktif. Lalu dari intensitasnya tergantung tema apa yang sedang disimak dari acara radio tersebut, jika tentang informasi maka termasuk kedalam menyimak intensif konsentratif, jika yang didengar adalah lagu maka termasuk ke dalam menyimak ekstensif sekunder atau pasif, dan jika yang disimak adalah sandiwara radio maka termasuk ke dalam menyimak ektensif estetis.

Mendengar tetangga sebelah sedang bertengkar; dari situasinya temasuk ke dalam menyimak noninteraktif. Dari kategori intensitasnya termasuk ke dalam menyimak ekstensif pasif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar