Rabu, 03 Juni 2020

Bahasa Indonesia - Tugas 3

Mitos Kehamilan

Sebuah resensi cerpen berjudul Mitos Ibu, Karya Rifan Nazhib

 

Banyak mitos yang menyelimuti kehamilan. Mitos bisa tentang medis atau non medis. Dalam cerpen ini, mitos yang diangkat adalah mitos non medis. Mitos yang telah beredar di masyarakat ini diangkat menjadi sebuh cerita menarik yang dialami pasangan muda dan agar ceritanya lebih menarik ditambah drama perselisihan antara ibu mertua, anak, dan menantu.

Kekuatan dalam cerita ini adalah, adanya konflik yang menyelimuti kehamilan berupa mitos-mitos yang berlaku di masyarakat zaman dahulu. Cerita ini kerap terjadi pada pasangan muda. Peran orangtua seringkali masih dominan mengarahkan kehidupan rumahtangga anak-anaknya yang baru menikah, terlebih soal kehamilan.

Ibu dari anak perempuan seringkali menganggap paling tahu tentang kehamilan karena pengalamannya, sementara anak merasa pengetahuan orang tua tentang kehamilan sudah agak ketinggalan zaman.

Saat ini, mitos yang disebutkan dalam cerita sudah diyakini sebuah mitos oleh pasangan muda. Berbeda dengan zaman dulu, mungkin saat cerpen ini dibuat. Mitos ini masih banyak yang mempercayai, bahkan melakukan apa yang disarankan si ibu, tentang memasang gunting kecil dan tidak berdandan bagi ibu hamil agar bias mendapatkan anak laki-laki.

Konflik ibu, anak dan menantu disandingkan dengan sangat pas pada inti cerita yaitu mitos-mitos yang menyelimuti kehamilan.

Cerpen ini sangat menarik dari sisi konflik klasik antara ibu, anak dan menantu. Bumbu drama omelan harian si ibu, perpindahan rumah, pesanan kue yang terabaikan, keterlambatan datang ke pekerjaan menjadikan hal yang lebih menarik dibandingkan mitos yang kini tinggal mitos. Akhir cerita bahagia yang diberikan dalam cerpen ini pun menjadi harapan pembaca muda, pasangan muda yang saat ini menganut kebebasan menentukan kehidupan rumahtangganya sendiri. Cerpen ini cocok dibaca oleh pasangan muda yang baru menikah atau sedang menjalani kehamilan anak pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar