Jumat, 05 Juni 2020

Matematika Ekonomi - Diskusi 4

Pertanyaan:


1. Perhatikan skedul permintaan dan penawaran sebuah produk pada dua tingkat harga yang berbeda tabel berikut:



Berdasarkan data pada tabel di atas, tentukan fungsi permintaan dan fungsi penawaran produk tersebut dan tentukan titik keseimbangan pasarnya serta gambarkan grafik keseimbangan pasar tersebut!

2. Berdasarkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran yang Anda peroleh pada soal nomor 1 di atas, tentukanlah titik keseimbangan pasar produk tersebut apabila pemerintah mengenakan pajak tetap sebesar Rp. 25/unit atas produk tersebut! Berapa jumlah pajak yang diterima oleh pemerintah?

3. Tentukan titik keseimbangan pasar produk apabila pemerintah mengenakan pajak proporsional sebesar 10% dari harga jual produk tersebut! Berapa jumlah pajak yang diterima oleh pemerintah?

4. Diketahui jumlah pengeluaran konsumsi otonom suatu Negara adalah sebesar 500 miliar, dan setiap kenaikan pendapatan nasional (Y) sebesar 1 miliar akan menyebabkan kenaikan pengeluaran konsumsi rumah tangga (C) sebesar 0,75 miliar. Dari data tersebut maka tentukan fungsi konsumsi (C) dan fungsi tabungan (S) rumah tangga Negara tersebut serta tentukan titik impas yaitu pada saat jumlah pendapatan (Y) sama besarnya dengan jumlah pengeluaran konsumsi (C).

Jawaban:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar