Selasa, 02 Juni 2020

Bahasa Indonesia – Diskusi 4

Karya ilmiah adalah suatu karya tulis yang dibuat berdasarkan kenyataan ilmiah yang didapat dari penyelidikan-penyelidikan, seperti penyelidikan pustaka, laboratorium dan penyelidukan lapangan (Ali Sastrohoetomo, 1977:11). Dari pengertian itu sesuai dengan tema masing-masing yang disajikan oleh sebuah karya ilmiah maka yang bisa saya paparkan dari lima tujuan dan lima manfaat membaca karya ilmiah adalah sebagai berikut:

1.      1. Lima tujuan membaca karya ilmiah:

1.      Mengetahui lebih detail tentang tema tertentu yang disajikan dalam karya ilmiah.

2.      Mengetahui bahan bacaan yang berkaitan dengan tema sejenis dari daftar pustaka karya ilmiah.

3.      Mengetahui tingkat pemahaman penulis sebuah karya ilmiah.

4.      Mengetahui akurasi dan validasi hasil penelitian yang disajikan dalam sebuah hasil karya ilmiah.

5.      Memanfaatkan ilmu yang terkandung dalam sebuah karya ilmiah dalam kehidupan masyarakat.

 

2.      Lima manfaat membaca karya ilmiah:

1.      Membaca karya ilmiah bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan bahasa. Bahasa yang dipergunakan dalam sebuah karya ilmiah adalah bahasa yang sesuai dengan standar penulisan sebuah karya ilmiah, baik dari sisi penggunaan kata, tanda baca, tata aturan kalimat dan paragraph.

2.      Membaca karya ilmiah bermanfaat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan. Sesuai minat dan bidang ilmiah yang ditekuni, membaca karya ilmiah dapat menigkatkan pengetahuan baru yang didapat dari penelitian terkini.

3.      Membaca karya ilmiah meningkatkan kreativitas. Banyak karya ilmiah yang menyajikan proses dan hasil penelitian. Dari sini kita bisa mencoba menerapkannya dalam bidang yang kita minati dan geluti, baik minat pribadi maupun tuntutan profesi, sehingga hal-hal baru dan kreatifitas baru dapat diciptakan.

4.      Membaca karya ilmiah dapat dimanfaatkan untuk proses pengembangan diri secara terarah, baik untuk keperluan pribadi atau profesi. Banyak karya ilmiah yang menyajikan pengembangan pribadi baik dari sisi psikologi maupun profesi. Dari karya ilmiah seperti ini, bisa dimanfaatkan untuk pengembangan kondisi seseorang baik pribadi atau profesionalitasnya.

5.      Membaca karya ilmiah dapat meningkatkan empati pada sesama manusia. Dengan paham akan sesuatu hal, maka akan mudah kita memahami hal tersebut. Contoh adalah dengan bertambah paham seseorang pada tumbuh kembang anak, maka akan mudah memahami juga tumbuh kembang anak dalam berbagai hal dan bisa diterapkan dalam ruang lingkup keluarga, sekolah atau social, sehingga bisa meningkatkan empati terhadap mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar