Rabu, 03 Juni 2020

Bahasa Indonesia - Tugas 2

Pertanyaan:

1. Apa arti Tuman?
2. Apa arti Meme dan jelaskan singkat sejarah Meme?
3. Meme merupakan bentuk dari kritik sosial, jelaskan pernyataan ini!
4. Mengapa Meme Tuman tersebut sangat cepat menyebar? Berikan alasan!



Jawaban:

1. Arti tuman adalah istilah bahasa Jawa yang biasa digunakan untuk memberikan label pada perilaku (terutama keliru) yang terus berulang. Tuman dalam konteksnya (dulu) digunakan sebagai peringatan terakhir, agar perilaku (buruk/keliru) tidak diulangi terus menerus.

2. Arti meme adalah hal yang ditiru. Sejarah meme adalah sebagai berikut Richard Dawkins, seorang ahli biologi yang pertamakali mempopulerkan istilah meme dalam bukunya yang berjudul The Selfish Gene tahun 1976, menukil istilah tersebut dari bahasa Yunani 'mimeme' atau hal yang ditiru. Istilah tersebut digunakan Dawkins untuk menjelaskan mengapa beberapa perilaku (dari perspektif evolusi) tampak tidak masuk akal, tetapi entah bagaimana ditemukan sangat umum dalam masyarakat.
Namun jika kita mau menilik lebih jauh, awal 1900an, seorang zoologis dan ahli biologi evolusi asal Jerman Richard Wolfgang Semon, juga telah menulis tentang mneme. Terinspirasi dari muse anak dewa memori bangsa Yunani Mnemosine.

3. Meme merupakan bentuk dari kritik sosial karena isi atau kontennya bias mengandung kritik terhadap suatu hal yang terjadi di masyarakat.

4. Meme Tuman sangat cepat menyebar karena memiliki banyak konten sindirian pada perilakuperilaku keseharian yang dianggap merugikan. Konteksnya bisa sangat beragam, namun kebanyakan diarahkan pada teman dekat, rekan kerja sampai saudara. Kebanyakan objek perilaku tersebut adalah mekanisme pertahanan diri jenis denial dan rationalization. Perilaku menghindar dari janji hutang, janji ketemuan ataupun yang lain adalah DM jenis denial. Sedangkan perilaku menyodorkan segudang alasan untuk menutupi kesalahan adalah DM jenis rationalization.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar