Rabu, 03 Juni 2020

Manajemen - Diskusi 1


Pertanyaan:

1.  Mengemukakan pengertian manajemen menurut beberapa ahli, minimal 3 ahli dan dalam menjelaskan pengertian manajemen tersebut tidak harus persis sama dengan kalimat dari para ahli tetapi bisa dengan kalimat sendiri.

2.  Sebutkan dan jelaskan isi dari fungsi-fungsi manajemen

3.  Menuliskan sumber referensinya

 

Jawaban:

Pengertian manajemen menurut beberapa ahli:

·         Menurut Sisk, manajemen adalah koordinasi seluruh sumberdaya melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian, untuk mencapai tujuan yang sama.

·         Menurut Koontz dan O’Donnel, manajemen adalah menciptakan lingkungan yang efektif, agar orang bias bekerja di organisasi formal.

·         Menurut Stoner, Freeman dan Gilbert, manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian aktivitas anggota organisasi beserta sumberdaya yang ada untung mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

Fungsi-fungsi manajemen:

·         Perencanaan, adalah kegiatan menetapkan tujuan organisasi dan memilih cara yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

·         Pengorganisasian, adalah kegiatan mengoordinasi sumber daya, tugas dan otorisasi di suatu organisasi agar tujuan dapat tercapai dengan cara efektif dan efisien.

·         Pengarahan, adalah kegiatan mengarahkan agar orang lain bekerja untuk tujuan organisasi.

·         Pengendalian, adalah proses melihat, mengevaluasi dan menentukan apakah kegiatan organisasi sesuai rencana.

 

Sumber referensi: Manajemen, Mamduh Hanafi, Universitas Terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar