Rabu, 03 Juni 2020

Manajemen – Diskusi 2

Diskusi kedua ini kita akan membahas mengenai Lingkungan organisasi dan Etika bisnis dan Tanggung jawab sosial.

Organisas bekerja di tengah-tengah lingkungannya, jika organisasi mau bertahan hidup, mau tidak mau harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Begitu pula dengan Etika dalam organisasi,  maka organisasi tersebut harus mampu berinteraksi dengan lingkungan secara baik dalam memehubi hak dan kewajibannya. Untuk itu pada diskusi ini mahasiswa sekalian diminta:

1.   Memberikan pengertian lingkungan langsung organisasi

2.   Menyebutkan faktor yang mempengaruhi etika bisnis dalam sebuah organisasi

 

Jawaban:

Pengertian lingkungan langsung organisasi adalah elemen lingkungan yang mempengaruhi kelangsungan hidup organisasi secara langsung. Elemen lingkungan ini mencakup lingkungan internal dan eksternal. Lingkungan internal contohnya adalah karyawan, dewan komisaris, pemegang saham. Sedangkan lingkungan ekternal contohnya adalah konsumen, pemasok, pesaing, pemerintah dan lembaga keuangan.

 

Faktor yang mempengaruhi etika bisnis dalam sebuah organisasi adalah individu, kebijakan internal, pemegang saham dan masyarakat. Contoh etka bisnis yang dipengaruhi oleh individu antara lain keluarga, situasional, agama dan pengalaman hidup. Sedangkan etika bisnis yang dipengaruhi kebijakan internal antara lain hubungan organisasi dengan karyawan, hubungan karyawan dengan organisasi, hubungan organisasi dengan pihak luar. Lalu etika bisnis juga dipengaruhi oleh pemegang saham sebagai contoh adalah menyampaikan laporan keuangan secara akurat dan tepat waktu. Selanjutnya etika bisnis lainnya adalah tanggung jawab sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar