Rabu, 03 Juni 2020

Manajemen – Diskusi 3

Diskusi ketiga ini kita akan membahas mengenai Perencanaan dan Perencanaan strategis. Perencanaan merupakan fungsi pertama dalam fungsi manajemen. Tujuan perencanaan diharapkan untuk membantu pencapaian tujuan organisasi. Sedangkan perencanaan strategis adalah suatu perencanaan yang sangat penting dalam sebuah organisasi.  Untuk itu diskusikan hal-hal berikut:

1.  Jelaskan jenis-jenis perencanaan berdasarkan tujuan organisasi yang ingin dicapai.

2.  Jelaskan proses perencanaan strategis dalam sebuah organisasi.


Jawaban:

Jenis-jenis perencanaan berdasarkan tujuan organisasi meliputi misi, tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran.

·         Misi adalah maksud didirikannya sebuah organisasi bisnis. Misi organisasi bisnis adalah memproduksi atau menditribusikan barang atau jasa ekonomis.

·         Tujuan merupakan hasil akhir saat aktivitas organisasi diarahkan atau ditujukan.

·         Strategi adalah rencana pokok untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemilihan alternative tindakan yang diperlukan.

·         Kebijakan adalah pernyataan atau pemahaman umum yang membantu mengarahkan pengambilan keputusan, khususnya cara berpikirnya, bukan aksinya.

·         Prosedur adalah penetapan cara penanganan suatu aktivitas. Prosedur lebih mengarahkan tindakan, bukannya mengarahkan cara berpikir. Prosedur menjelaskan secara detail bagaimana suatu aktivitas harus dilakukan.

·         Aturan adalah rencana yang dipilih dari beberapa alternative dan harus dilakukan atau tidak dilakukan. Aturan mengharuskan tindakan tertentu yang spesifik tergantung situasi yang dihadapi.

·         Program adalah jaringan yang kompleks dan terdiri atas tujuan, kebijakan, prosedur, aturan, penugasan, langkah yang harus dilakukan, alokasi sumberdaya, dan elemen lain yang harus dilakukan berdasarkan alternative tindakan yang dipilih.

·         Anggaran adalah rencana yang dinyatakan dalam angka-angka dalam bidang keuangan.

Proses perencanaan strategis dalam sebuah organisasi adalah sebagai berikut:

Formulasi tujuan ---> Analisis tujuan dan strategi saat ini ---> Analisis lingkunan meliputi kesempatan dan ancaman & Analisis sumber daya meliputi kekuatan dan kelemahan ---> Identifikasi kesempatan strategis ---> Pengambilam keputusan strategis ---> Pelaksanaan strategi ---> Evaluasi dan pengendalian strategis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar