Rabu, 03 Juni 2020

Manajemen – Tugas 1

Pertanyaan:

1. Lingkungan organisasi dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu eksternal dan internal. Sebutkan dan Jelaskan masing-masing lingkungan tersebut.

2. Perencanaan dalam organisasi dengan berbagai variasinya ditujukan untuk membantu mencapai tujuan organisasi secara maksimal. Sebutkan dan jelaskan masing-masing jenis-jenis perencanaan dan proses perencanaan dalam sebuah organisasi.

 

Jawaban:

1.      Lingkungan eksternal organisasi adalalah lingkungan atau pihak-pihak di luar organisasi yang relevan dengan organisasi. Beberapa contoh lingkungan eksternal organisasi adalah konsumen, pemasok, pesaing, pemerintah, lembaga keuangan, Lingkungan internal adalah komponen langsung dalam organisasi. Beberapa contoh lingkungan internal adalah karyawan, komisaris, direksi dan pemegang saham.

    2. Jenis-jenis perencanaan berdasarkan tujuan organisasi meliputi misi, tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran.

  • Misi adalah maksud didirikannya sebuah organisasi bisnis. Misi organisasi bisnis adalah memproduksi atau menditribusikan barang atau jasa ekonomis.
  • Tujuan merupakan hasil akhir saat aktivitas organisasi diarahkan atau ditujukan.
  • Strategi adalah rencana pokok untuk mencapai tujuan organisasi melalui pemilihan alternative tindakan yang diperlukan.
  • Kebijakan adalah pernyataan atau pemahaman umum yang membantu mengarahkan pengambilan keputusan, khususnya cara berpikirnya, bukan aksinya.
  • Prosedur adalah penetapan cara penanganan suatu aktivitas. Prosedur lebih mengarahkan tindakan, bukannya mengarahkan cara berpikir. Prosedur menjelaskan secara detail bagaimana suatu aktivitas harus dilakukan.
  • Aturan adalah rencana yang dipilih dari beberapa alternative dan harus dilakukan atau tidak dilakukan. Aturan mengharuskan tindakan tertentu yang spesifik tergantung situasi yang dihadapi.
  • Program adalah jaringan yang kompleks dan terdiri atas tujuan, kebijakan, prosedur, aturan, penugasan, langkah yang harus dilakukan, alokasi sumberdaya, dan elemen lain yang harus dilakukan berdasarkan alternative tindakan yang dipilih.
  • Anggaran adalah rencana yang dinyatakan dalam angka-angka dalam bidang keuangan.

Proses perencanaan strategis dalam sebuah organisasi adalah sebagai berikut:

Formulasi tujuan ---> Analisis tujuan dan strategi saat ini ---> Analisis lingkunan meliputi kesempatan dan ancaman & Analisis sumber daya meliputi kekuatan dan kelemahan ---> Identifikasi kesempatan strategis à Pengambilam keputusan strategis ---> Pelaksanaan strategi ---> Evaluasi dan pengendalian strategis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar