Jumat, 05 Juni 2020

Pendidikan Agama Islam - Tugas 2

Pertanyaan:


1) Jelaskan pengertian moral, budi pekerti, akhlak, etika dan hubungan diantara semuanya!

2) Jelaskan pengertian tasamuh, taawun, dan musawah diserta ayat al-Qur’an!

3)  Bagaimana perwujudan akhlak terhadap alam?

4)  Jelaskan klasifikasi agama dalam pelbagai kategori!

5)  Jelaskan fungsi profetik agama!



Jawaban:

1. Penegertian moral berarti adat atau kebiasaan. Diambil dari Bahasa latin, mores. Secara etimologi moral adalah jaran tentang tindakan seseorang yang dalam hal sifat, perangai, kehendak, pendapat,  atau perbuatan yang secara layak dapat dikatakan benar atau salah, baik atau buruk.

Pengertian budi pekerti adalah perpaduan dari hasil akal dan rasa yang berwujud pada karsa dan tingkah laku manusia. Diambil dari Bahasa sangsekerta, budi yang berarti sadar, dan pekerti yang berarti apa yang terlihat pada manusia karena didorong oleh perasaan.

Pengertian ahlak adalah tabiat, perangai, kebiasaan atau karakter. Diambil dari bahasa arab dari kata yang sama, ahlak yang merupakan bentuk jamak dari khuluq.

Pengertian etika adalah ilmu yang membicarakan tentang tingkah laku manusia. Diambil dari Bahasa Yunani, ethos yang berarti watak kesusilaan atau adat.

Hubungan antara moral, budi pekerti, ahlak dan etika, dari segi fungsinya, semua berfungsi sebagai pengarah atau petunjuk agar seseorang mengetahui mana perbuatan yang baik atau buruk. Dengan itu manusia diharapkan senantiasa melakukan perbuatan-perbuatan yang baik agar tercipta sebuah masyarakat yang baik dan sopan.

 

2. Pengertian tasamuh adalah penghormatan terhadap keyakinan yang berbeda. Tidak memaksakan dan menindas manusia agar menerima Islam, kebebasan beragama sangat dijamin oleh Islam, seperti yang terdapat dalam Al Qur’an surat Al-Baqarah ayat 256, yang artinya, “Tidak ada paksaan dalam agama, telah jelas mana yang baik dan mana yang buruk’.

Penegertian taawun adalh sikap saling tolong menolong dalam hal kebajikan. Seperti yang terdapat dalam Al Qur’an Surat Al-Maai’dah ayat 2, yang artinya, “Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan, kebajikan dan takwa, dan janganlah tolong menolong dalam (menegerjakan) dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat besar siksa-Nya.”

Pengertian musawah adalah persamaan dalam hidup bermasyarakat, maupun persamaan dalam hukum. Seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujuraat, ayat 13, yang artinya, Wahai manusia sesungguhnya aku telah menciptakan kalian dari jenis laki-laki dan perempuan kemudian kami jadikan kalian bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kalian saling kenal, sesungguhnya semulia-mulianya kalian di sisi Allah adalah yang paling bertakwa di antara kalian”.

 

3. Perwujudan ahlak terhadap alam antara lain, memperhatikan dan merenungkan penciptaan alam, memanfaatkan alam.

 

4. Klasifikasi agama menurut al-Maqdoosi dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, agama wahyu dan non wahyu. Kedua, agama misionaris dan non-misionaris. Ketiga, agama lokal dan universal.

 

5. Fungsi profetik agama untuk penyampai petunjuk Allah SWT dalam Al-Qur’an. menguatkan hukum yang ada dalam AL-Qur’an, menjelaskan apa yang masih global dalam AL-Qur’an, dalam bentuk sunnah Nabi SAW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar