Minggu, 21 Juni 2020

Pengantar Akuntansi - Tugas 1

Pertanyaan:

  1. Apa yang anda ketahui tentang persamaan akuntansi dan berikan contoh transaksi beserta penyelesaiannya  (Minimal 3 Transaksi + jawaban).
  2. Pada saat menyusun laporan keuangan, perusahaan harus melampirkan daftar tanah dan bangunan yang dimilikinya, Lampiran seperti ini dalam laporan keuangan termasuk dalam bagian laporan keuangan yang mana?
  3. Mengapa buku jurnal  dikenal dengan istilah book of original entry ?
  4. Apakah Neraca Lajur merupakan bentuk laporan keuangan yang resmi ?


Jawaban:

 

    1.    Persamaan akuntansi adalah suatu persamaan yang unsur dasarnya terdiri dari tiga macam yaitu asset, kewajiban dan modal. Hubungan antara aset, kewajiban dan modal dapat digambarkan melalui persamaan berikut:

 

Asset = Kewajiban + Modal

 

Semua transaksi perusahaan mulai dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks dapat dinyatakan pengaruhnya terhadap tiga elemen dasar dari persamaan akuntansi tersebut. Kalau ada peristiwa atau kejadian yang tidak mempengaruhi asset, kewajiban atau modal, maka peristiwa tersebut bukan merupakan transaksi akuntansi.

 

Tiga contoh transaksi dan jawabannya:

 

1.    Misalnya, saya akan memulai bisnis sebagai seller di Tokopedia, sebut saja toko saya di Tokopedia bernama “Bijak Bisnistama”, untuk itu saya mengambil tabungan saya sebesar Rp. 50.000.000 dipakai untuk menjalankan usaha. Akibat dari transaksi ini, akan menambah Asset perusahaan berupa kas dan dipihak lain akan menambah modal dengan jumlah yang sama. Setelah transaksi tersebut terjadi persamaan akuntansi pada “Bijak Bisnistama” sebagai berikut:

 

Asset = Kewajiban + Modal

 

Rp. 50.000.000 (kas) = Rp. 0 (utang) + Rp. 50.000.000 (modal)

 

2.    Transaksi berikutnya, untuk mendukung pekerjaan sebagai seller di Tokopedia, saya membeli Laptop seharga Rp. 10.000.000 yang dibayar tunai. Transaksi ini mengubah jumlah totalnya. Setelah transaksi tersebut terjadi persamaan akuntansi pada “Bijak Bisnistama” sebagai berikut:

 

Asset = Kewajiban + Modal

 

Rp. 40.000.000 (kas) + Laptop (Rp. 10.000.000) = Rp. 0 (utang) + Rp. 50.000.000 (modal)

 

3.    Transaksi berikutnya, saya membeli barang dari supplier untuk diperdagangkan di Tokopedia, dengan perjanjian pembayaran, akan dibayar 30 hari setelah barang diterima dan lolos Quality Control. Seluruhnya berjumlah Rp. 20.000.000. Jenis transaksi ini dikenal dengan nama pembelian secara kredit dan kewajiban yang timbul disebut utang dagang. Setelah transaksi tersebut terjadi persamaan akuntansi pada “Bijak Bisnistama” sebagai berikut:

 

Asset = Kewajiban + Modal

 

Rp. 40.000.000 (kas) + Laptop (Rp. 10.000.000) + Rp. 20.000.000 (Barang Dagang) = Rp. 20.000.000 (utang) + Rp. 50.000.000 (modal)

 

 

    2.    Berdasarkan keempat jenis laporan yang digunakan dalam laporan keuangan, maka bagian laporan keuangan yang dalam penyusunannya melampirkan daftar tanah dan bangunan yang dimiliki oleh perusahaannya adalah termasuk dalam bagian laporan neraca, sebagai laporan aset tetap.

Sebagai tambahan informasi atas pernyataan di atas, ada 4 jenis laporan yang digunakan sebagai laporan keuangan suatu perusahaan, yaitu:

  •  Laporan neraca, laporan ini akan menunjukkan kondisi, informasi, atau posisi keuangan bisnis disuatu perusahaan pada waktu atau tanggal tertentu. Laporan ini melampirkan aset yang dimiliki oleh perusahaan tersebut selain aset perusahaan juga melampirkan liabilitas dan ekuitas.
  • Laporan laba rugi, laporan ini akan menjabarkan unsur - unsur pendapatan dan beban suatu perusahaan.
  • Laporan perubahan modal, laporan ini akan menunjukkan besarnya perubahan modal yang telah terjadi dalam kurun waktu yang sudah disepakati oleh perusahaan, laporan ini juga di jelaskan tentang penyebab terjadinya perubahan.
  • Laporan arus kas merupakan jenis laporan yang digunakan untuk menunjukkan aliran dari masuknya kas dan keluarnya kas dalam perusahaan pada suatu periode akuntansi.

 

 

3.    Buku jurnal dikenal dengan istilah book of original entry karena buku jurnal digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan pada periode tertentu secara sistematis dan kronologis berdasarkan bukti transaksi yang ada. Dalam buku jurnal akan dicatat secara rinci masing-masing transsaksi, yang meliputi tanggal transaksi, deskripsi transaksi, jumlah masing-masing pada kolom debet dan kredit.

    4. Bukan, neraca lajur bukan merupakan bentuk laporan keuangan yang resmi. Neraca lajur tidak dapat menggantikan laporan keuangan dan bukan pula merupakan bagian dari laporan keuangan. Penggunaan neraca lajur akan mempermudah penyusunan laporan keuangan secara teliti dan tepat waktu.

 

 Sumber:

  •  Pengantar Akuntansi, Sugiarta, Universitas Terbuka.
  •  https://en.wikipedia.org/wiki/General_journal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar