Jawaban:
Bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi produk (product), harga (price), distribusi (place), dan promosi (promotion) dalam rentang waktu hingga saat ini, menurut saya, strategi penentuan harga (pricing) cenderung memilih pola yang sama dan tetap yaitu strategi cost base price strategy, yaitu strategi penentuan harga berdasarkan total biaya produksi ditambah selisih keuntungan, yang kemudian menjadi harga jual produk.
Sementara dari sisi strategi Product, Place dan Promotion, telah sangat dipengaruhi oleh berkembangnya teknologi digital. Digitalisasi produk contohnya terjadi pada produk bacaan seperti buku, koran, majalah dan industry music. Begitu pula strategi distribusi (place) pada produk-produk yang disebutkan di atas sudah tidak membutuhkan perpindahan secara fisik, digantikan produk yang dapat dialihkan dari produsen ke konsumen melalui internet. Sementara strategi promosi, terdapat tambahan media promosi yang sebelumnya terpusat pada koran dan tv, kini mendapatkan alternative baru melalui internet terutama google ad dan facebook ad.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar