Minggu, 21 Juni 2020

Pengantar Ekonomi Mikro - Diskusi 2

  1. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan. Bedakan antara pergerakan sepanjang kurva permintaan dan pergeseran kurva permintaan!
  2. Diskusikan apa itu koefisien elastisitas. Apa kaitannya antara elastisitas dan pendapatan total penjual.

 Jawaban:

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan adalah harga, selera atau preferensi konsumen, jumlah konsumen individual di pasar, pendapatan, harga barang-barang lain baik yang merupakan barang pengganti maupun barang pelengkap, dan ekspektasi atau perkiraan konsumen akan harga-harga dan pendapatan di masa depan. Secara lebih lanjut dijelaskan di bawah ini:

Harga mempengaruhi permintaan akan suatu produk, hubungan permintaan dan harga berbanding terbalik, yaitu jika harga semakin tinggi maka permintaan semakin rendah, sebaliknya jika harga semakin rendah maka permintaan semakin tinggi, dengan catatan factor lainnya tetap.

Selera konsumen terhadap suatu produk bisa saja berubah, dalam masa sekarang misalnya dipengaruhi review akan suatu produk oleh pengguna lain yang telah mencoba.

Jumlah konsumen yang semakin bertambah, misal dengan adanya perumahan baru di suatu daerah, maka akan menambah permintaan akan produk tertentu di daerah tersebut.

Pengaruh pendapatan terhadap permintaan biasanya berbanding lurus, artinya semakin tinggi pendapatan, maka permintaan semakin naik. Walaupun ada kekecualian, yaitu jika produknya merupakan barang inferior, maka kenaikan pendapatan justru menurunkan permintaan. Karena pada umumnya ketika pendapatan naik, standar hidup akan naik.

Harga barang-barang lain yang berkaitan, bisa berupa barang pengganti atau barang pelengkap. Kenaikan barang pengganti atau pelengkap akan mengubah nilai harga barang utama terasa lebih murah, walaupun sebetulnya secara nominal sama, sehingga dengan kondisi seperti ini, permintaan terhadap produk utama akan naik.

Ekepektasi konsumen akan harga dan pendapatan di masa depan akan mempengaruhi permintaan. Perkiraan yang menyatakan harga produk di masa depan akan naik, menyebabkan konsumen akan membeli produk tersebut di masa sekarang dalam jumlah yang banyak, untuk menghindari kemungkinan kerugian akibat kenaikan harga. Pun, jika konsumen memperkirakan pendapatan akan naik di masa depan.

 

Pergerakan sepanjang kurva permintaan, berarti menunjukan penambahan atau penurunan permintaan. Pergerakan ke kiri berarti jumlah permintaan menurun, dan pergerakan ke kanan berarti jumlah pemintaan menurun. Pergeseran kurva permintaan berarti dikaitkan oleh perubahan faktor lain, misalnya harga produk, yang bertarti semakin tinggi harga produk akan menggeser titik permintaan dalam kurva kea rah kiri atau jumlah yang semakin sedikit, begitu sebaliknya.

 

Koefisien elastisitas adalah hasil perhitungan persentase perubahan kuantitas yang diminta, dibagi oleh persentase perubahan harga. Dirumuskan sebagai berikut:

Ed = ((Delta Q / Q) / (Delta P/P))

 

Kaitan antara elastisitas dan pendapatan total penjual yaitu Koefisien elastisitas yang berlaku adalah koefisien elastisitas penawaran, di sini ditunjukkan bagaimana respons atas perubahan harga akan mengubah jumlah yang ditawarkan, dan pendapatan total penjual adalah seluruh penerimaan yang diperoleh produsen dari penjualan outputnya. Penerimaan total (TR) merupakan fungsi dari jumlah barang dikalikan dengan harga barang per unit. Kaitan di atara ke duanya berarti jika koefisien positif artinya harga semakin naik, semakin jumlah yang ditawarkan lebih banyak, sehingga jumlah dan harga meningkat, lalu pendapatan total penjual meningkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar