Minggu, 21 Juni 2020

Pengantar Ekonomi Mikro - Diskusi 3

Silakan Anda berdiskusi dalam forum diskusi 3 ini.

  1. Jelaskanlah tentang perilaku konsumen individual pendekatan kardinal dan pendekatan ordinal!
  2. Jelaskanlah kurva konsumsi pendapatan dan kurva Engel!

Selamat berdiskusi


Jawaban:

Utilitas kardinal adalah utilitas di mana kepuasan yang diperoleh konsumen dari konsumsi barang atau jasa dapat diukur secara kuantitatif atau numerik.

 

Contoh:

Ketika saya akan makan di Rumah Makan Ayam Goreng “KFC” dan dihadapkan pada pilihan  paket jumlah ayam maka tingkat kepuasan kardinal saya bisa digambarkan sebagai berikut:



 

Dari tabel itu, bisa dijelaskan bahwa, jumlah terbaik untuk bisa menikmati makan ayam goreng adalah 3 potong, lebih dari itu maka tidak bisa menikmati lagi.

 

Pendekatan utilitas ordinal adalah pendekatan perilaku konsumen yang percaya bahwa utilitas itu tidak dapat diukur secara kuantitatif, melainkan hanya dapat diukur secara kulitatif dan diurutkan berdasarkan kecenderungan atau preferensi. Dalam hal ini, konsumen akan menentukan urutan kecenderungan pilihan ketika dihadapkan pada sejumlah produk berbeda untuk kemudian menerapkan peringkat kepuasan yang didaptkan dari produk-produk tersebut.

 

Contoh: Ketika saya diminta untuk mengurutkan kecenderungan pilihan saya pada lima rasa Indomie, maka pilihan saya adalah sebagai berikut:

 

 

Dari gambaran itu, bukan berarti saya tidak suka Indomie rasa Rendang, hanya saja jika harus memilih, saya akan memilih Indomie rasa soto sebagai pilihan utama.

 

 

 

Kurva konsumsi pendapatan adalah kurva yang dapat digunakan untuk menggambarkan hubungan antara tingkat pendapatan konsumen dan jumlah produk atau jasa yang dibeli konsumen.
 

Kurva Engel adalah kurva yang menujukan hubungan antara tingkat pendapatan dan tingkat konsumsi produk atau jasa, dengan asumsi harga produk atau jasa tetap. Dalam Kurva Engel ditunjukkan hubungan antara permintaan untuk barang (pada sumbu x) dan tingkat pendapatan (pada sumbu y). Jika kemiringan kurva positif, barang itu adalah barang normal atau premium, tetapi jika itu negatif, barang itu adalah barang inferior.

 

Grafiknya bisa digambarkan sebagai berikut:

 

 

Sumbu X adalah jumlah konsumsi barang, dan sumbu Y adalah tingkat pendapatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar