Minggu, 21 Juni 2020

Pengantar Ekonomi Mikro - Diskusi 6

Pertanyaan sebagai berikut:

  1. Jelaskan karakteristik dari pasar persaingan monopolistik. Bandingkan dengan struktur pasar persaingan murni?
  2. Jelasakan apa karakteristik pasar oligopoli! Apa itu diferensiasi produk dalam pasar ini? Apa efek oligopoli terhadap efisiensi ekonomi?

Jawaban:

1.    Karakteristik pasar persaingan monopolistik, yaitu:

  • Terdapat cukup banyak perusahaan dalam industri tersebut.
  • Tindakan atau keputusan tentang harga maupun kuantitas oleh satu atau beberapa perusahaan akan mempengaruhi pasar.
  • Kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan pesaing monopolistik secara individu berlereng menurun dan cukup elastis meskipun tidak elastis sempurna.
  • Meskipun produknya sama tapi tidak sepenuhnya homogen, masing-masing produsen berusaha membedakan produknya dari produk-produk pesaing dengan memberi kemasan, merek, dan dengan mengiklankan.
  • Persaingan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut bersifat persaingan bukan harga.
  • Tidak ada rintangan bagi perusahaan lain untuk masuk dan ke luar dari industri tersebut.

 

Perbandingan antara pasar persaingan monopolistik dengan pasar persaingan murni, dijelaskan dalam table berikut ini:

 

2.    Karakteristik pasar oligopoli yaitu:

  • Hanya terdapat beberapa produsen penjual dalam industri yang bersangkutan, dan banyak sekali pembeli. Masing-masing perusahaan mempunyai pengaruh atas harga dengan cara mengubah jumlah produksi.
  • Adanya oligopoli dengan diferensiasi produk dan oligopoli tanpa diferensiasi produk.
  • Terdapat halangan masuk ke dalam industri hingga hanya ada sejumlah kecil produsen dalam industri tersebut.
  • Terdapat beberapa perusahaan dominan yang menunjukan skala ekonomis. Karena perubahan harga oleh sebuah perusahaan menimbulkan reaksi dari perusahaan-perusahaan lain dalam industri tersebut.

 

Diferensiasi produk dalam pasar oligopolistik artinya produk sebuah perusahaan dibedakan dari produk perusahaan lain baik oleh penjual maupun oleh pembeli dan karenanya persaingan lebih bersifat persaingan bukan-harga.

 

Efek oligopoli terhadap efisiensi ekonomi yaitu memungkinkan terjadinya pembatasan output jangka pendek yang memberikan biaya rendah, sehingga memungkinkan untuk diperolehnya keuntungan ekonomis, karena penentuan harga dan output dalam industry oligopoli cenderung menghasilkan penetapan harga dan output mendekati situasi monopoli.

 

Sumber:

Pengantar Ekonomi Mikro, Faried Widjaya Mansoer, Universitas Terbuka

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar