Sabtu, 06 Juni 2020

PKN - Diskusi 3

Pertanyaan:

Bagaimana penyalahgunaan narkoba sangat marak di Indonesia?

Lakukan pendekatan komprehensif terhadap kasus tersebut dalam diskusi saudara.


Jawaban:

Kabar maraknya penggunaan narkoba di Indonesia kemungkinan diakibatkan oleh kurangnya edukasi tentang narkoba, tentang jenis dan bahayanya masing-masing jenis narkoba, juga kurangnya pengetahuan konsekuensi hukum penyalahgunaan narkoba.

Dari kurangnya pengetahuan ini, mengakibatkan menjadi sasaran empuk bagi para pengedar untuk memperkenalkan berbagai jenis narkoba lalu menjualnya kepada  mereka. Penjual “mempromosikan” produk narkoba sebagai produk yang membuat penggunanya gagah, hebat, pemberani dan narkoba menjadi solusi bagi berbagai masalah. Padahal jika paham betul bahwa produk narkoba memiliki komposisi yang merusak fisik dan mental, maka diharapkan timbul kesadaran untuk tidak menggunakannya.

Ditambah lagi, jika sadar akan konsekuensi hukum yang berat dari penyalahgunaan narkoba, diharapkan masyarakat akan berfikir berkali-kali untuk melakukan penyalahgunaan narkoba.

Kampanye hindari narkoba perlu dilakukan sejak dini dan berkesinambungan. Agar benar-benar paham dan sadar akan bahaya narkoba baik dari sisi kesehatan fisik dan mental juga dari sisi konsekuensi hukum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar