Senin, 01 Maret 2021

Hukum Bisnis – Diskusi 8

 

Pertanyaan:

Penyelenggaran aktifitas ekonomi memerlukan adanya perlindungan terhadap Konsumen, jelaskan mengapa perlu adanya perlindungan pada konsumen? Sebutkan contoh kasus yang merugikan konsumen!

Jawaban:

Perlu adanya perlindungan konsumen untuk alasan sebagai berikut:

1.      Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi diri.

2.      Mengangkat harkat dan martabat konsumen dengan cara menghindarkannya dari akses negatif pemakaian barang atau jassa,

3.      Meningkatkan pemberdayaan konsumen dalam memilih, menentukan dan menuntut hak-haknya sebagai konsumen.

4.      Menciptakan sistem perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta akses untuk mendapat informasi.

5.      Menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam usaha.

6.      Meningkatkan kualitas barang dan jasa yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang dan jasa, Kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen.

 

Contoh kasus yang merugikan konsumen diantaranya:

1.      Prosedur penukaran atau pengembalian barang yang tidak jelas atau berbelit.

2.      Prosedur refund yang tidak jelas atau berbelit.

3.      Program potongan harga/diskon yang curang, contohnya dengan menaikkan dulu harga jual sebelum dilakukan diskon.

Sumber:

·         Hukum Bisnis, Nindyo Pramono, Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar