Senin, 01 Maret 2021

Sistem Informasi Manajemen – Diskusi 4

 

Pertanyaan:

Jelaskan apa yang dimaksud dengan ERP (Enterprise Resource Planning) dan berikan contoh pada perusahaan yang rekan-rekan ketahui.

Selanjutnya, jelaskan tahapan-tahapan dalam metode SDLC.

 

Jawaban:

1.      Enterprise resource planning (ERP) adalah suatu perangkat lunak paket dengan aplikasi yang terintegrasi untuk digunakan secara luas di organisasi. ERP, termasuk transaction processing system (TPS), ditambah dengan sistem-sistem informasi funsional yang terintegrasi.

Aplikasi ERP meliputi fungsi-fungsi akuntansi, keuangan, sumberdaya manusia, pemasaran dan logistik.

·         Aplikasi ERP di fungsi akuntansi meliputi  modul-modul, seperti buku besar, piutang dagang, utang dagang, aktiva tetap, manajemen kas, dan akuntansi biaya.

·         Aplikasi ERP di keuangan di antaranya meliputi modul-modul analisis portfolio, analisis risiko, analisis kredit, manajemen aktiva, sewa guna dan manajemen real estate.

·         Aplikasi di sumber daya manusia termasuk modul-modul rekrutmen, penggajian, manajemen personel, pengembangan karyawan dan manajemen kompensasi.

·         Aplikasi ERP di pemasaran adalah manajemen relasi pelanggan, pemasukan order dan pemrosesan order.

·         Aplikasi ERP di logistic adalah perencanaan produksi, manajemen material dan manajemen pabrik.

Paket ERP berbeda dengan paket-paket komersial yang lainnya, perbedaannya adalah sebagai berikut:

·         Modul-modul ERP terintegrasi lewat basis data yang umum. Misalnya, apabila terjadi transaksi order oenjualan di suatu tempat, hasil dari transaksi ini akan langsung berakibat di basis data untuk modul yang lainnya, misalnya modul akuntansi, logistic dan pengiriman.

·         Modul-modul ERP direncang sesuai dengan proses bisnis yang mengikuti proses rantai nilai (value chain) atau rantai penyediaan (supply chain).

Contoh modul ERP yang banyak digunakan di dunia bisnis adalah SAP (System Analysze and Programmentwicklung).

Pemakai SAP diantaranya perusahaan Dow Chemical Company, Apple, IBM dan intel.

Di tempat saya berkerja pun menggunakan SAP. Integrasi data dari Laboratory Information Manajemen System (LIMS) dipresentasikan dan didistribusikan kepada departemen terkait melalui BO SAP.

2.      Tahapan-tahapan metode System Development Life Cycle (SDLC) atau siklus hidup pengembangan sistem adalah:

a.       Analisis sistem (System Analysis)

                                                  i.      Studi pendahuluan

                                                ii.      Studi kelayakan

                                              iii.      Mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan pemakai

                                              iv.      Memahami sistem yang ada

                                                v.      Menganalisis hasil penelitian

b.      Perancangan sistem (system design)

                                                  i.      Perancangan awal

                                                ii.      Perancangan perinci

c.       Implementasi sistem (system implementation)

d.      Operasi dan perawatan sistem (system operation and maintenance)

 

Sumber:

-          Sistem Informasi Manajemen, Jogiyanto HM, Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar