Selasa, 02 Juni 2020

Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank – Diskusi 6

Bagaimana menurut teman-teman dampak positif dan negatif yang terjadi bagi masyarakat yang menggunakna kartu plastik?

Sebelum menjawab pertanyaan dampak positif atau negatif dari penggunaan kartu plastik akan saya jelaskan secara singkat terlebih dahulu tentang pengertian dan jenis-jenis kartu plastik dalam materi ini.

Pengertian kartu plastik atau Bank Indonesia menggunakan istilah Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) adalah alat pembayaran non tunai yang diterbitkan oleh bank umum atau perusahaan pembiayaan. Bank Indonesia mengkategorikan kartu plastik atau APMK berdasarkan fungsi penggunaan kartu yaitu kartu kredit, kartu ATM, kartu ATM yang juga berfungsi sebagai kartu debit.

 

Dampak positif dan negatif penggunaan kartu plastik:

Dampak positif:

Kartu ATM:

Mendapatkan kenyamanan bertansaksi. Pengguna ATM memiliki akses untuk melakukan berbagai transaksi keuangan seperti penarikan uang, pembayaran tagihan, berbelanja dan transfer uang di mana pun dengan layanan 24 jam.

Rekening dapat diakses kapan dan di mana saja, baik melalui ATM atau fasilitas online yang terhubung dengan pelayanan ATM.

Dari sisi perbankan, ATM membantu menurunkan beban kerja bagi pegawainya, hal ini akan juga berdampak pada penurunan biaya operasional.

 

 

Kartu Kredit:

Membawa kartu kredit dipercaya lebih aman dibandingkan membawa uang kas. Ketika kemungkinan kembalinya uang kas yang hilang atau dicuri untuk bisa kembali kepada pemiliknya, pemilik kartu kredit bisa dengan mudah membatalkan transaksi yang tidak sah atau melakukan blokir jika kartu kredit hilang atau dicuri.

Kartu kredit digunakan untuk membangun credit rating, yaitu pemeringkatan kualitas keuangan pemilik kartu kredit, didasrkan pada aktivitas transaksi dan ketepatan pembayaran.

Adanya program promosi dari penerbit kartu kredit yang bisa dimanfaatkan nasabah untuk menghemat pengeluaan atau mendapatkan poin. Contohnya adalah program cash back atau loyalty poin yang bisa ditukar dengan reward tertentu.

Kartu kredit bisa digunakan dalam mata uang apapun, sehingga bisa dimanfaatkan bertansaksi di luar negri.

 

Dampak negatif:

Kartu ATM:

Adanya biaya, penggunaan ATM menimbulkan biaya sesuai dengan aturan masing-masing bank. Biaya ini dikenakan pada nasabah untuk pemeliharaan sistem. Besarannya memang bervariasi, tetapi hal ini bisa membebani nasabah senadainya nominal bunga simpanan lebih kecil dibandingkan biaya kartu ATM, maka akan mengurangi simpanan pokok nasabah.

Adanya batas transaksi. Bank akan memberlakukan Batasan-batasan transaksi, bisa dalam bentuk Batasan nominal transaksi atau batasan pengulangan transaksi.

Adanya kemungkinan penyalahgunaan ATM terutama pencurian data dan kemudian digunakan untuk penyalahgunaan transaksi seperti pencurian dana nasabah.

Adanya keterbatasan pemanfaatan fasilitas ATM di daerah-daerah terpencil karena tidak tersedianya mesin ATM atau tidak adanya ketersediaan jaringan internet untuk mengakses fasilitas yang tersedia melalui pelayanan online.

Kartu Kredit:

Bunga yang tinggi. Pembayaran yang tidak dibayar penuh akan berakibat pengenaan bunga yang tinggi, dan hal ini memberatkan nasabah. Bunga tinggi juga akan berlaku pada penarikan uang menggunakan kartu kredit.

Merusak reputasi keuangan. Menunggak pembayaran akan mempengaruhi penilaian prestasi keuangan di mata perbankan.

Bisa menjadi korban pemalsuan atau pencurian kartu kredit.

Adanya iuran tahunan. Untuk tetap aktif menggunakan kartu kredit, nasabah dikenakan iuran tahunan, yang menurut penerbit kartu akan digunakan sebagai biaya pemeliharaan sistem.

 

Sumber:

  • Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank, Murti Lestari, Universitas Terbuka
  • Materi Inisiasi Sesi 6, Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank, Universitas Terbuka
  • Advantages and Disadvantages of ATM: https://commercemates.com/advantages-disadvantages-of-atm/
  • Benefits and disadvantages of a credit card: https://www.finder.com/credit-cards-top-benefits-and-disadvantages

Tidak ada komentar:

Posting Komentar