Selasa, 02 Juni 2020

Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank – Diskusi 7

Bagaimana cara mendeteksi adanya saham gorengan?

Keuangan emiten tidak sehat tetapi transaksi sangat aktif dan volume besar.

Bagi saya, acuan untuk melihat kesehatan keuangan perusahaan antara lain: Nilai earning per share yang meningkat dari tahun ke tahun, Nilai total equity yang meningkat dari tahun ke tahun, rendahnya nilai debt to equity ratio.

Jika ada ketidakwajaran nilai-nilai tersebut, atau bisa dikatakan adanya penurunan performa keuangan perusahaan tetapi nilai harga saham melonjak drastis, bisa dijadikan indikasi bahwa saham ini sedang “digoreng”.

- Kapitalisasi pasar kecil.

Kapitalisasi kecil membuat bandar dengan mudah menguasai harga, dan mempunyai kontrol penuh pada volume transaksi. Dengan kontrol penuh terhadap volume transaksi, bandar akan menguasai kenaikan dan penurunan harga sesuai dengan rencana dan tagetnya.

- Harga sangat fluktatif

Fluktuasi harga pada saham gorengan sangat besar. Sering terjadi harga tiba-tiba naik atau turun belasan persen dalam satu hari, bahkan dengan volume transaksi yang tidak biasa.

- Bid dan Offer yang tidak normal

Bid dan offer yang tidak normal biasanya terlihat dari bid offer yang dalam harian tiba-tiba meningkat atau menurun sangat pesat, sangat berbeda dengan karakter bid dan offer hariannya.

 

Sumber:

Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank, Murti Lestari, Universitas Terbuka

Pump and dump: https://en.wikipedia.org/wiki/Pump_and_dump

Tidak ada komentar:

Posting Komentar