Sabtu, 20 Juni 2020

Komunikasi Bisnis - Diskusi 6

Dalam diskusi kita kali ini, saya ingin kalian dapat memberikan contoh rapat bisnis yang pernah kalian buat atau ikuti, silakan ceritakan pengalaman kalian dalam forum ini.

Jawaban:

 Rapat bisnis yang pernah saya ikuti:

Tema rapat bisnisnya yaitu penjajakan kemungkinan pembentukan kerja sama dagang.

Pesertanya, saya dan 2 teman SMA saya.

Tempat dan waktu rapat dilakukan di rumah salah satu tema peserta rapat yang berada di kota Bogor Jawa Barat, dilaksanakan sekitar bulan Januari 2020.

Jalannya rapat bisnis.

Ini adalah rapat pertama kami untuk keperluan seperti disebutkan di atas, belum ada struktur kepemimpinan baik untuk rapat atau organisasi secara umum.

Kami sudah berteman kurang lebih 30 tahun dan berbisnis bersama-sama pada beberapa Kerjasama bisnis kurang lebih 10 tahun, sebetulnya bisa siapa saja diantara kami bertiga bisa memimpin rapat, namun dari pengalaman-pengalaman pembicaraan bisnis kami sebelumnya, biasanya tuan rumah akan dipersilahkan untuk membuka rapat dan memaparkan agenda rapat

Selanjutnya kami berdiskusi tentang model organisasi bisnis seperti apa yang akan dijalankan untuk kerjasama dagang ini, siapa akan berperan sebagai apa, bagaimana sistem permodalannya, produk apa yang akan diproduksi dan dipasarkan, strategi penetapan harga mana yang akan dipakai, jalur promosi mana yang akan digunakan dan hal-hal lainnya yang kami perlu bahas.

Diskusi dan perbedaan pendapat terjadi dalam rapat ini, wajar ketika kami mencari bentuk terbaik untuk peluang bisnis yang ada.

Dalam rapat pertama ini, berlangsung dari jam 7 malam hingga 11 malam. Sudah didapatkan beberapa kesepakatan untuk sebagian besar hal-hal yang didiskusikan, dan masih harus kami rundingkan lagi untuk beberapa hal lainnya.

Saat ini, kelanjutan kerjasama dagang ini harus kami tunda dahulu, karena menurut pendapat kami, kondisi pasar kurang kondusif untuk menjalankan bisnis ini di waktu sekarang, terkait dampak ekonomi karena Covid19. Diskusi-diskusi kecil kami lanjutkan di group whatsapp.

Demikian pengalaman rapat bisnis yang pernah saya ikuti, secara umum jalannya rapat dan hasil-hasil rapat, sudah saya jelaskan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar