Kamis, 04 Juni 2020

Manajemen - Diskusi 7

Diskusi ini kita membahas tentang Kepemimpinan (leadership) dan Pengendalian (controlling).

Leadership atau kepemimpinan merupakan variabel yang sangat erat kaitannya dengan tugas seorang manajer dan diharapkan mampu untuk memimpin organisasinya dengan baik.

Sedangkan pengendalian diperlukan untuk memastikan bahwa kegiatan berjalan sesuai dengan yang direncanakan, Mahasiswa diminta untuk:

1.      Jelaskan masing-masing kepemimpinan Transformasional dan Romantis?

Jawab:

Kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan yang menitikberatkan pada aspek pemberian motivasi pada bawahan untuk mengerjakan lebih dari yang diharapkan semula dengan meningkatkan rasa pentingnya bawahan dan nilai pentingnya pekerjaan. Gaya kepemimpinan transformasional harus mapu membuat bawahan menyadari persfektif yang lebih luas sehingga kepentingan individu akan disubordinasikan terhadap kepentingan tim, organisasi, atau kepentingan lain yang lebih luas.

Kepemimpinan romantis adalah gaya kepemimpinan dengan cara menciptakan sosok ideal yang dianggap mampu membantu pihak-pihak yang dipimpinnya mencapai tujuan mereka. Kepemimpinan ini dibutuhkan untuk menyederhanakan masalah yang dialami pihak-pihak yang dipimpin atau dibutuhkan untuk memperbaiki hidup mereka. Pemimpin semacam ini tidak akan diperlukan lagi jika permasalahan sudah selesai atau mereka sudah mampu mengorganisasi mereka sendiri.

2.      Apa yang menjadi alasan sehingga pengendalian dalam sebuah perusahaan harus dilakukan?

Jawab:

Pengendalian dalam perusahaan harus dilakukan untuk memastikan seluruh kegiatan dalam sebuah badan usaha sesuai dengan yang direncanakan.

Pengendalian adalah usaha sistematis untuk menetapkan standar prestasi tertentu dengan merencanakan, mendesain sistem umpan balik informasi, membandingkan prestasi yang sesungguhnya dengan standar prestasi, menentukan apakah terjadinya penyimpangan dan mengukur apakah penyimpangan itu signifikan, serta melakukan perbaikan yang diperlukan untuk memastikan bahwa semua sumberdaya perusahaan digunakan dengan cara yang paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar