Sabtu, 20 Juni 2020

Pengantar Bisnis - Diskusi 3

Bagaimana perkembangan bisnis kecil di Indonesia, dan bagaimana peluangnya terhadap bisnis Internasional.

Jawaban:

Perkembangan bisnis kecil di Indonesia saat ini berjalan baik. Dari sisi kuantitasnya kita melihat pebisnis kecil di banyak tempat terus berkembang dan semakin ramai. Ada yang memilih sebagai produsen, lalu memasarkannya kepada banya pedagang ada pula yang memilih sebagai pedagang saja, sementara produk yang dijual didapatkan dari produsen. Dari sisi kualitas produk terus meningkat dengan peranserta lembaga terkait seperti dinas perdagangan yang terus memberikan pelatihan peningkatan kualitas produk, uji produk berkala untuk kualitas dan klasifikasi halal, juga memberikan pelatihan kewirausahaan agar usaha kecil berkembang menjadi usaha menengah dan seterusnya.

Peluang masing-masih pebisnis untuk berkembang sangat besar. Tentu saja dengan terus belajar tentang produk, strategi harga, memilih tempat usaha yang tepat dan promosi yang efektif. Selain itu juga peningkatan terhadap pengetahuan pengaturan keuangan bisnis. Dari keteraturan melakukan pencatatan transaksi hingga kedisiplinan penggunaan dana bisnis.

Peluang bisnis kecil di Indonesia terhadap bisnis Internasional ada, walaupun saat ini belum terlalu banyak dimanfaatkan. Penetrasi pasar internasional untuk pebisnis kecil bisa melalui marketplace seperti Alibaba atau ebay. Kendalanya adalah biaya pengiriman yang cukup besar dari Indonesia ke negara tempat calon pembeli. Berbeda dengan pedangan dari negara china yang entah bagaimana caranya mereka bisa memberikan bebas ongkos kirim saat menjual barang melalui ebay walaupun harganya di bawah lima dolar amerika. Dengan kondisi ini, persaingan antar pedagang kecil di pasar internasional menjadi berat untuk pedagang kecil Indonesia. Semoga ke depan, ada dukungan dari pihak terkait untuk mengatasi kompetisi seperti disebutkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar