Sabtu, 20 Juni 2020

Pengantar Bisnis - Tugas 1

1. Jelaskan Tanggung jawab sosial apa saja yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan?

2. Apa yang anda lakukan jika anda adalah seorang Wirausaha yang tengah merintis sebuah bisnis guna membuat bisnis yang anda jalani semakin berkembang?

Jawaban:

1.      Tanggung jawab social sebuah perusahaan merupakan tanggung jawab organsasi sebagai entitas korporasi kepada masyarakat secara luas, tujuannya menyeimbangkan komitmen terhadap individu dan kelompok yang relevan dalam lingkungan sosialnya. Tanggung jawab sosial yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan yaitu melalui pelaksanaan tanggung jawab dalam pengembangan program masyarakat terutama terkait dengan persoalan kesehatan dan lingkungan. Tanggung jawab sosial meliputi tanggung jawab pada pelanggan yaitu dengan menjual produk atau jasa yang sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan, karyawan yaitu melalui pemberian gaji yang layak serta tepat waktu, penerapan keselamatan kerja yang baik, investor dan kreditur yaitu melalui penggunaan dana yang tepat untuk proses produksi yang menguntungkan, dan pada lingkungan masyarakat yaitu dengan menjaga kualitas lingkungan baik secara fisik yaitu menjaga lingkungan tetap sehat dan secara sosial yaitu memberi kontribusi agar masyarakat sekitar secara ekonomi dapat berkembang. Terdapat empat dimensi tanggung jawab sosial menurut Ferrel et al. (2011), yaitu dimensi ekonomi, hukum, etika dan sukarela. Tanggung jawab ekonomi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Tanggung jawab hukum merupakan tanggung jawab untuk manaati hukum yang ada. Tanggung jawab etika merupakan tanggung jawab perusahaan untuk menjaga etis, mengerjakan apa yang benar, adil, dan pantas, serta menghindari kejahatan. Sedangkan tanggung jawab sukarela merupakan tanggung jawab untuk menjadi warga organisasi yeng baik, memberikan kontribusi pada masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

2.      Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan jangka pendek, menengah dan panjang. Keuntungan bukan hanya dalam bentuk uang, melainkan juga dalam bentuk moral, dan komitmen dalam jangka Panjang. Hal-hal yang harus dilakukan seorang wirausaha yang tengah merintis sebuah bisnis agar bisnisnya semakin berkembang adalah penerapan hal-hal mendasar seperti berikut:

·  Menentukan visi dan misi bisnis. Visi meripakan deklarasi mengenai tujuan yang akan dicapai. Misi adalah deklarasi alasan bisnis tersebut harus ada dan hal-hal yang akan dilakukan bisnis tersebut.

·  Menentukan indikator kesuksesan bisnis, meliputi kinerja keuangan, kebutuhan dan nilai pelanggan, kualitas produk atau jasa, inovasi dan kreatifitas, dan komitmen karyawan.

·  Menilai lingkungan bisnis dan dampaknya bagi bisnis yang akan dilakukan yang terdiri dari enam faktor, meliputi; isu dan kecenderungan perbedaan, kekuatan perekonomian, pengaruh global, pasar dan proses finansial, kekuatan legal dan peraturan-peraturan yang ada, serta struktur industri.

·  Mengadakan evaluasi terhadap proses bisnis yang telah berjalan, yang meliputi kinerja keuangan, pemenuhan kebutuhan pelanggan, tercapainya kualitas produk dan jasa, kretivitas dan inovasi yang dilakukan, serta mengevaluasi komitmen karyawan.

 

Sumber: Pengantar Bisnis, Dorothea Wahyu Ariani, Penerbit Universitas Terbuka.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar