Sabtu, 20 Juni 2020

Pengantar Bisnis - Diskusi 4

Bagaimana perkembangan bisnis kecil Indonesia di era digital. Apakah sudah mengikuti perkembangan dunia digital saat ini?

Jawaban:

Perkembangan bisnis kecil di Indonesia sudah mengikuti perkembangan dunia digital sejak beberapa tahun yang lalu.

Sebagai bukti, seingat saya, ada beberapa tahapan era bisnis kecil di Indonesia mengikuti perkembangan dunia digital untuk membangun bisnisnya, diantaranya;

  • Era Kaskus, yaitu era jual beli dilakukan melalui forum jual beli kaskus.
  • Era media sosial, di mana saat itu media sosial seperti facebook dan twiter digunakan langsung untuk berjualan.
  • Era online shop mandiri, yaitu era saat pelaku online shop membangun sendiri website yang digunakan untuk berjualan, ditambah menggunakan media sosial untuk membangun awareness bisnis mereka dan menambah traffic kunjungan calon pembeli ke website mereka.
  • Era marketplace, yaitu era saat pelaku bisnis menjual produknya melalui marketplace seperti tokopedia dan bukalapak. Tipe semacam ini juga diikuti oleh jasa antar yang mendukung era marketplace, seperti jasa GoSend atau format bisnis mandiri dalam aplikasi seperi GoFood.

Urutannya tidak mesti persis seperti di atas, dan bukan berarti yang disebutkan lebih dulu telah ditinggalkan. Karena bagi pelaku bisnis, beberapa cara tersebut di atas masing digabungkan untuk dipraktekan dalam bisnisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar