Minggu, 21 Juni 2020

Pengantar Ekonomi Mikro - Tugas 3

Silakan Anda kerjakan tugas 3 ini dan upload ditempat yang telah disediakan.

1. Jelaskanlah sifat-sifat dan karakteristik pasar persaingan monopolistik, pasar oligopoli dan pasar monopoli? Deskripsikan dan jelaskan dengan menggunakan matrik (nilai maksimum 30)

2.    Jelaskan pengertian berikut (nilai maksimum 40):

1.    Diferensiasi harga

2.    Diskriminasi harga

3.    Laba normal

3. Jelaskan secara grafik bentuk kurva permintaan yang dihadapi penjual di pasar persaingan murni dan pasar monopoli (nilai maksimum 30).

Jawaban:

 

1.   Karakteristik pasar persaingan monopolistik, pasar oligopoli dan pasar monopoli dapat dijelaskan dalam bentuk table di bawah ini:


 

2.    Diferensiasi harga adalah startegi penentuan harga yang berbeda untuk produk yang sama. Contoh: Penentuan strategi harga dengan yang perbedaan yang signifikan untuk produk air minum dalam kemasan. Dengan isi air minum yang sama, harga air minum dalam kemasan botol kaca ditentukan dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan air minum dalam kemasan botol plastik.

Diskriminasi harga adalah strategi penentuan harga produk yang berbeda untuk produk atau jasa yang ditawarkan, untuk segmen konsumen yang berbeda. Contoh: strategi penentuan harga jasa pelayanan kecantikan di salon. Yaitu penentuan harga yang berbeda untuk konsumen pelajar/mahasiswa dengan kalangan konsumen non pelajar/non mahasiswa.

Laba normal adalah sebuah kondisi ketika total revenue sama dengan total cost.

 

3.    Kurva permintaan yang dihadapi penjual di pasar persaingan murni merupakan garis mendatar setinggi harga pasar output.

 


 Kurva permintaan yang dihadapi penjual di pasar persaingan monopoli:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar