Senin, 22 Juni 2020

Perekonomian Indonesia – Diskusi 1

Diskusikan dengan teman anda!

  1. Apakah yang dimaksud dengan sistem ekonomi?
  2. Jelaskan pemahaman anda tentang ekonomi Kapitalis, Sosialis dan Pancasila!
  3. Prioritas apa yang harus dilakukan untuk melakukan reformasi ekonomi? Jelaskan!

Jawaban:

1.       Sistem ekonomi adalah aturan pelaksanaan perekonomian yang berlaku di sebuah negara.

2.       Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang menghendaki adanya kebebasan tiap individu untuk melakukan segala kegiatan ekonomi tanpa ada campur tangan pemerintah. Dalam sistem ini, setiap individu memiliki hak mutlak untuk mengelola aset yang ia miliki untuk mendapatkan manfaat/keuntungan sebesar-besarnya. Sistem ini juga memungkinkan setiap orang untuk memelih pekerjaan atau usaha sesuai dengan kehendaknya. Pemerintah tidak memiki hak untuk melakukan intervensi, sehingga setiap individu bebas berkreativitas dan berinovasi.

Sistem ekonomi sosialis adalah sebuah sistem ekonomi yang menjadikan negara sebagai pusat komando perekonomian. Dalam artian semua kegiatan ekonomi masyarakat berupa produksi, dustribusi dan kosumsi diatur secara sistematis oleh negara. Semua sumberdaya ekonomi baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia statusnya adalah milik pemerintah yang nantinya akan digunakan untuk melaksanakan segala agenda ekonomi yang dibuat oleh pemerintah. Dalam sistem ini, peran swasta dalam perekonomian sangat sedikit. Hal ini dikarenakan pihak produsen seperti pabrik, perusahaan ataupun industri hanya berperan sebagai pelaksana kebijakan ekonomi yang digelontorkan oleh pemerintah. Sistem ini lahir sebagai reaksi balik terhadap dampak-dampak negatif yang ditimbulkan oleh sistim ekonomi kapitalis. Sistem ekonomi macam ini banyak diterapkan oleh negara-negara komunis seperti Kuba, Cina dan lain-lain.

Sistem Ekonomi Pancasila yang didalamnya mengandung unsur penting yang disebut Demokrasi Ekonomi. Artinya kegiatan ekonomi dilakukan oleh, dari, dan untuk rakyat. Pemerintah berperan sebagai pelaku ekonomi sekaligus pengatur dan pengawas kegiatan ekonomi di Indonesia. Pelaksanaan demokrasi ekonomi dijiwai nilai-nilai Pancasila meliputi asas kekeluargaan, pandangan agamis tentang masyarakat, dan asas keadilan.

3.       Prioritas apa yang harus dilakukan untuk melakukan reformasi ekonomi:

a.       Pertama, mengurangi dampak negatif dari krisis tersebut terhadap kelompok penduduk berpendapatan rendah dan rentan.

b.       Kedua, pemulihan pembangunan ekonomi ke jalur pertumbuhan yang tinggi.

Kedua hal tersebut sangat penting antara lain karena:

a. Meluasnya pengangguran akibat krisis yang terjadi di satu pihak dapat memicu timbulnya kerusuhan sosial, sementara di pihak lain apabila berlangsung lama dapat menurunkan daya saing angkatan kerja, karena mereka tidak mampu lagi menguasai perkembangan keterampilan baru yang sangat diperlukan.

b. Kapasitas produksi baik pada industri pengolahan maupun sarana dan prasarana pengangkutan, komunikasi, serta energi yang menganggur tanpa pemeliharaan yang baik akan menjadi rusak.

c. Meningkatnya harga-harga kebutuhan pokok dan barang-barang lainnya secara berlanjut, pada gilirannya akan menambah jumlah penduduk miskin karena daya beli mereka akan terus merosot.

d. Kemunduran dalam pelaksanaan program pendidikan dan kesehatan terutama bagi putraputri penduduk berpendapatan rendah, akan mengganggu upaya pemberdayaan kelompok penduduk tersebut di masa datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar