Minggu, 07 Juni 2020

PKN - Diskusi 6

Pertanyaan:

Demokrasi selalu ditandai dengan peranan rakyat yang lebih dominan dalam pembuatan keputusan negara, baik melalui perwakilannya maupun rakyat secara langsung menyampaikan aspirasinya.

Silahkan suadara diskusikan  bagaimana perekmbangan demokrasi di Indonesia saat ini berkaitan dengan pembelajaran demokrasi saat ini!


Jawaban:

Demokrasi di Indonesia saat ini berjalan dan berlaku dengan baik. Demokrasi digunakan untuk landasan sistem politik kenegaraan yang mengatur kehidupan individu, masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Demokrasi konstitusional yang digunakan di Indonesia adalah penerapan demokrasi dalam negara hukum dan tunduk pada aturan hukum.

Demokrasi di Indonesia digunakan dalam penataan kehidupan bersama masyarakat sejak tingkat RT hingga urutan tertinggi pemerintahan yaitu Presiden. Serta pemilihan anggota legislatif dari DPRD Tingkat II hingga Pusat. Kebebasan berdemokrasi dijamin dan dijunjung tinggi oleh negara bagi semua warganya. Melalui proses demokrasi yang disebut pemilihan umum yang telah dialami rakyat Indonesia selama puluhan tahun, prinsip demokrasi telah, sedang dan akan menjadi hak konstitusi rakyat Indonesia yang di jamin oleh negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar