Minggu, 07 Juni 2020

PKN - Diskusi 7

Pertanyaan:

Penerapan (Pelaksanaan) otonomi daerah di Indonesia menjadi titik fokus penting dalam memperbaiki kesejahteraan rakyat. Pengembangan suatu daerah bisa disesuaikan oleh pemerintah daerah dengan potensi dan ciri khas daerah masing-masing. Dalam daerah otonom, masyarakat otonomnya tidak hanya diam saja mengikuti kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Manfaat otonomi daerah bagi masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam perencanaan dan juga pelaksanaan berbagai macam program yang dilakukan dan dikeluarkan oleh pemerintah sehingga masyarakat otonomnya lebih aktif.

Dari paparan tersebut silahkan saudara untuk  melaksanakan diskusi dengan ketentuan sebagai berikut :

Mahasiswa nomer urut 1-25 masuk dalam kelompok yang mendukung otonomi daerah

Mahasiswa nomer urut 26-50 masuk dalam kelompok yang menolak otonomi daerah. (lihat didaftar peserta tuton/klik peserta)

Tanggapan saudara dalam diskusi merujuk pada kelompok saudara.

Berikan argumen yang mendukung kelompok saudara!

 

Jawaban:

Kelompok yang tidak setuju otonomi daerah.

Awal reformasi, otonomi daerah terdengar sangat indah, sayangnya seiring perjalanan rasanya semakin jauh dari tujuan. Otonomi daerah diartikan munculnya penguasa-penguasa daerah.

Untuk pemerintahan, tingkat propinsi dan kota/kabupaten, saya lebih setuju ditunjuk pejabat oleh kementerian dalam negeri. Karena pada dasarnya pemerintah daerah ini akan bekerja dibawah koordinasi menteri dalam negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar